Organisasi Bagi Manusia

0
327
Organisasi Bagi Manusia

Organisasi Bagi Manusia

Oleh :

Zulfa Sajida Khoir

Manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan orang lain dalam kehidupannya. Pada dasarnya, manusia tidak akan bisa hidup sendiri tanpa membutuhkan orang lain. Itulah sebabnya dianjurkan untuk berorganisasi agar mengenal satu sama lain, dan membantu sesama.

Teori Karl Weick tentang berorganisasi sangat penting dalam bidang komunikasi karena teori ini menggunakan komunikasi sebagai sebuah dasar bagi pengorganisasian manusia dan memberikan sebuah dasar pemikiran untuk memahami bagaimana manusia berorganisasi. Menurut teori ini, organisasi bukanlah susunan yang terbentuk oleh posisi dan peranan, tetapi oleh aktivitas komunikasi. Lebih pantas untuk mengucapkan berorganisasi daripada organisasi karena organisasi itu sendiri merupakan suatu yang dicapai manusia melalui sebuah proses komunikasi yang berkelanjutan.

Ketika manusia melakukan interaksi sehari-hari, kegiatan mereka menciptakan organisasi. semua perilaku dihubungkan karena perilaku seseorang bergantung pada perilaku orang lain.

Kegiatan berorganisasi berfungsi untuk mengurangi ketidakpastian informasi. Istilah kunci teoritis Weick adalah equivacality, yang berarti ketidakpastian, kesulitan, ambiguitas, dan kurangnya keterdugaan. Menurut Weick, semua informasi dari lingkungan sekitar bersifat samar-samar atau ambigu pada beberapa tingkatan, dan kegiatan berorganisasi dirancang untuk mengurangi kurangnya ketidakpastian ini titik tidak semua interaksi sama pentingnya dalam mengurangi ketidakpastian, tetapi setiap usaha berkontribusi.

Tingkat equivacality yang dialami akan berbeda dalam setiap situasi, tetapi sering kali cukup besar, dan untuk menguranginya akan memerlukan implikasi organisasi yang besar. Jadi, berorganisasi itu sangat di butuhkan oleh manusia karena manusia merupakan makhluk sosial.

Zulfa Sajida Khoir, NPM : 2104011015, Mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), Fakultas Ushuludin, Adab dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri Metro, Semester V.