PC IPPNU Lampung Tengah Perkuat Kapasitas Jurnalistik

0
415
PC IPPNU Lamteng Perkuat Kapasitas Jurnalistik

LAMPUNG TENGAH – Keluarga besar pengurus Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPPNU) Kabupaten Lampung Tengah, bersama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) mengadakan Pelatihan Jurnalistik Pemuda dan Pelajar.

Dengan mengangkat tema “Bersinergi Membangun Jurnalis Muda” yang bertujuan melahirkan pemuda serta pelajar khususnya Kader Muda Nahdliyin yang dapat berperan dalam bidang jurnalis.

Hal tersebut disampaikan Ketua PC IPPNU Kabupaten Lampung Tengah, Siti Juariyah, disela-sela agenda tersebut, Selasa (27/12/2022) siang, di komplek Pondok Pesantren Sunan Ampel, Totokaton, Kecamatan Punggur Kabupaten Lampung Tengah.

PC IPPNU Lamteng Perkuat Kapasitas Jurnalistik

“Acara istimewa ini berlangsung selama dua hari, dimulai dari Selasa-Rabu, (27-28/12/ 2022) dan berlokasikan di komplek Pondok Pesantren Sunan Ampel, Totokaton, Kecamatan Punggur Kabupaten Lampung Tengah,” tambahnya.

“Harapan kami dan seluruh pengurus PC IPPNU Kabupaten Lampung Tengah untuk melahirkan pelajar putri pemuda pemudi Lampung Tengah yang dapat menjadi pelopor dalam bidang jurnalis. Dengan bekerjasama dengan pihak Kementrian Pemuda dan Olahraga, kami berharap kepemudaan di Indonesia dapat terus diperhatikan dan didampingi progres demi progresnya. Mengingat bahwa para pemuda diberbagai pelosok negeri memiliki banyak sekali potensi yang harus digali dan diperhatikan, seperti halnya kader muda NU, adalah IPNU IPPNU,” tambahnya.

PC IPPNU Lamteng Perkuat Kapasitas Jurnalistik

“Kegiatan yang terlaksana selama dua hari ini, menghadirkan beberapa narasumber atau pemateri dari pihak yang berkompeten dibidang ini, antaralain; Penyair sekaligus Ketua Dewan Kesenian Kota Metro, Sholihin Utjok, peneliti LTN NU Lampung Tengah, Akhmad Syarief Kurniawan, dan akademisi UNU Lampung/pengurus PW IPPNU Lampung, Matsna Nurul Kholidah, peserta berlatih tentang bagaimana teknis atau cara penulisan berita yang baik dan benar. Sehingga, nanti akan tercetak banyak para jurnalis dari hasil pelatihan saat ini,” tambahnya.

Pengasuh Pondok Pesantren Sunan Ampel, Punggur, Gus Alie Fadilah Musthofa, dalam sambutannya menyampaikan, sangat mendukung penuh kegiatan yang berlangsung ini. Menurutnya, sudah saatnyalah pemuda melek akan dunia jurnalis. Saat ini, banyak sekali ditemui para pelajar yang sukses dibidang jurnalis bahkan menjadi penulis / pengarang besar, bahkan diantaranya ada yang berasal dari santri. Seperti halnya IPNU IPPNU, semua memiliki kesempatan untuk menggali potensi yang perlu di asah dan dikembangkan.

Ketua PC LAZISNU Lampung Tengah, Gus Ali Fadhilah Musthofa

Ketua PC LAZISNU Lampung Tengah ini menambahkan, pelatihan yang berlangsung selama dua hari seperti Pesantren Kilat ini, harus diikuti secara khidmat dan teliti. Mengingat panitia sudah menghadirkan pemateri yang ahli dibidangnya, maka tugas peserta adalah menyerap ilmu serta mengimplementasikannya pasca pelatihan. Terakhir harapan beliau, IPNU IPPNU dapat terus berkembang dan semangat mencetak para pemuda serta pelajar yang mampu dijadikan estafet kepeloporan, khususnya Pemuda Pemudi Lampung Tengah.

(Muhammad Sahrul Ngilmi)