Kontroversi Bacaan Fatihah

0
41

Deskripsi

Di suatu daerah ada seorang imam musholla yang membaca fatihah dengan mengidghomkan dua mim pada ayat: “arrohmaanirro hiimma likiyaumiddiin” (اَلرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمْ مَالِكِ يَوْمِ الدِّيْنِ). Namun sebagian masyarakat membiarkan imam tersebut karena beliau adalah sesepuh daerah itu yang sudah terbiasa menjadi imam.

Pertanyaan : Bolehkah mengidghomkan dua mim pada ayat: “اَلرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمْ مَالِكِ يَوْمِ الدِّيْنِ”?

Jawaban : Di-tafsil (rinci), yakni:
1. Boleh, jika dengan membaca pendek mimnya lafadz “مالك” (membuang alifnya).
2. Haram, jika tanpa membuang alifnya “مالك” dan imam tersebut sengaja membacanya, padahal ia tahu bahwa itu haram. Namun solatnya tetap sah karena kesalahan itu tidak sampai merusak makna.

Keterangan:
1. Tafsilan diatas mengikuti pendapat mu’tamad (yang dapat dibuat pegangan) oleh al-Nawawi dan al-Rafi’i sesuai madzhab qiro’ah sab’ah. Selain qiro’ah sab’ah adalah haram dan wajib diingkari.
2. Ada pendapat lemah dari Abu Nasr al-Tabalawi, bahwa tidak haram mengidghomkan dua mim-nya ayat: “الرَّحِيْمْ مَالِكِ” meski alifnya “مالك” tetap ada. Ia mengklaim bahwa ini adalah pendapat sohih madhab Imam Ya’qub Ibn Ishaq al-Hadromy (salah satu qiraah asyroh diluar qiro’ah sab’ah).

Referensi

 – Zakariaya al-Nawawi, Al-Majmu’ Syarh al-Muhaddzab, (Libanon: Dar al-Fikr), juz 3, hlm. 392
– Sulaiman al-Bujairomy, al-Bujairomy ala Khatib (al-Maktabah al-Syamilah), juz, 5. Hlm. 142

تحفة الحبيب على شرح الخطيب – ج 2 / ص 165
قوله : ( الأربع عشرة ) فلو زاد فيها بأن أدغم ميم الرحيم في ميم مالك لم يضر كما في الحلبي ، لكنه يحرم على العامد العالم بناء على ما اعتمده م ر من أن ما زاد على السبعة شاذّ كما عليه الشيخان وتبطل به الصلاة إن غير المعنى ، وأما الإدغام مع إسقاط ألف مالك فسبعية أفاده الشمس الحفني

Pertanyaan : Bagaimanakah hukum sholat berjamaah ketika imam diketahui lahn (salah baca) dalam fatihahnya?

Jawab : Tidak sah, jika lahn-nya sampai mengubah makna. (jika tidak mengubah, maka makruh seperti soal a diatas)
Keterangan :
1. Secara detail, berikut ini hukum sholatnya imam yang lahn-nya sampai merubah makna:
a. Imam tidak pandai membaca dengan benar, dan ia:

1) tidak mau belajar padahal punya potensi dan peluang, maka Tidak sah solatnya Imam dan makmum meskipun tidak tahu dengan lahn-nya imam.
2) sudah tidak mampu belajar, maka solatnya sah, dan solatnya makmum yang pandai bacaannya tetap tidak sah, meskipun tidak tahu dengan lahn-nya imam.

b. Jika Imam sebenarnya pandai (mampu membaca dengan benar), tapi:

1) sengaja menyalahkan bacaannya, maka solatnya batal. Sedangkan makmum sah jika tidak tahu imam salah.
2) tidak sengaja menyalahkan bacaannya, maka wajib membenarkan bacaannya sebelum ruku’. Jika tidak, maka solatnya batal.

Sedangkan makmum:

a) yang tahu kesalahan imam, wajib mufaroqoh (melanjutkan sendiri solatnya).
b) yang tidak tahu kesalahan imam, solatnya sah.

2. Lahn adalah salah baca, baik dalam huruf, harokat, tasydid atau lainnya.
3. Lahn yang merubah makna diantaranya seperti membaca dlomah atau kasroh ta’-nya “أنعمت”, (اَلْحَمْدُ dibaca اَلْهَمْدُ), (اَلَّذِيْنَ ” dibaca “اَلَّديْنَ ” dengan dal), (“إياك ” tanpa tasydid), dan sebagainya.

Referensi:

– Zakariya al-Anshary, Syarh Bahjah (al-Maktabah al-Syamilah), juz 4, hlm. 380
– Muhammad Nawawy al-Bantany, Nihayat al-Zayn (Semarang: Toha Putra), 128
– Sulaiman al-Bujairomy, al-Bujairomy ala Minhaj (al-Maktabah al-Syamilah), juz, 3. Hlm. 271

 حاشية الجمل على المنهج (2 / 316) دار الكتب العلمية

وَحَاصِلُ مَا يُقَالُ فِي اللَّاحِنِ لَحْنًا يُغَيِّرُ الْمَعْنَى أَنَّهُ إنْ كَانَ فِي الْفَاتِحَةِ، وَلَمْ يُحْسِنْ الصَّوَابَ بِالْفِعْلِ وَأَمْكَنَهُ التَّعَلُّمُ وَلَمْ يَتَعَلَّمْ فَصَلَاتُهُ بَاطِلَةٌ، وَكَذَا الْقُدْوَةُ بِهِ مُطْلَقًا أَيْ لِلْعَالمِ بِحَالِهِ وَالْجَاهِلِ بِهِ، وَإِنْ كَانَ يُحْسِنُ الصَّوَابَ وَتَعَمَّدَ النُّطْقَ بِاللَّحْنِ الْمَذْكُورِ فَتَبْطُلُ صَلَاتُهُ بِمُجَرَّدِ النُّطْقِ، وَتَصِحُّ الْقُدْوَةُ بِهِ لِلْجَاهِلِ بِحَالِهِ دُونَ الْعَالِمِ، وَإِنْ سَبَقَ لِسَانُهُ إلَى اللَّحْنِ الْمَذْكُورِ فَلَا تَبْطُلُ صَلَاتُهُ بِمُجَرَّدِ النُّطْقِ بَلْ إنْ أَعَادَ الْقِرَاءَةَ عَلَى الصَّوَابِ قَبْلَ الرُّكُوعِ فَصَلَاتُهُ صَحِيحَةٌ، وَالْقُدْوَةُ بِهِ مُطْلَقًا، وَإِنْ رَكَعَ، وَلَمْ يُعِدْهَا بَطَلَتْ صَلَاتُهُ بِرُكُوعِهِ، وَتَصِحُّ الْقُدْوَةُ بِهِ لِلْجَاهِلِ بِحَالِهِ دُونَ الْعَالِمِ، وَإِنْ لَمْ يُحْسِنْ الصَّوَابَ، وَلَمْ يُمْكِنْهُ التَّعَلُّمُ فَصَلَاتُهُ صَحِيحَةٌ، وَكَذَا الْقُدْوَةُ بِهِ لِمِثْلِهِ لَا لِقَارِئٍ سَوَاءٌ عَلِمَ أَمْ لَا، -الى ان قال- وَتَبَيَّنَ بِهَذَا أَنَّهُ لَا فَرْقَ بَيْنَ الْأُمِّيِّ وَاللَّاحِنِ الْمَذْكُورِ فِي التَّفَاصِيلِ الْمُتَقَدِّمَةِ أَمَّا اللَّحْنُ الَّذِي لَا يُغَيِّرُ الْمَعْنَى فَلَا يَبْطُلُ الصَّلَاةُ مُطْلَقًا لَكِنَّهَا مَكْرُوهَةٌ ا هـ . مُلَخَّصًا مِنْ التَّحْرِيرِ وَشَرْحِهِ

Pertanyaan : Bagaimanakah sikap kita jika mengetahui imam sepuh yang salah dalam bacaan fatihahnya?

Jawab : di-tafsil (dirinci):

1. Jika kesalahan tersebut adalah bacaan yang diharamkan oleh madzhab yang beliau ikuti atau oleh kesepakatan ulama’, maka kita selaku masyarakat wajib mengingatkan dengan tetap menjaga sopan santun. Namun, jika Imam sepuh tersebut tetap bersikukuh, maka kita wajib mengingkarinya semampunya (meski dalam hati saja) demi mencegah terjadinya mafsadah yang lebih besar.
2. Kita biarkan bacaan beliau (tidak perlu dibenarkan), jika kesalahan tersebut:
a. masih diperselisihkan hukumnya oleh ulama (seperti pada deskripsi di atas), dan
b. kita tidak tahu pendapat mana yang diikuti olehnya.

Jika kita tahu bahwa imam belum faham hukumnya, maka harus kita jelaskan dengan santun perbedaan hukumnya dan mengarahkannya kepada pendapat ulama’ yang kuat.

Referensi:
– Muhammad Nawawy al-Bantany, Nihayat al-Zayn (al-Maktabah al-Syamilah), juz.1. hlm. 360.
– Abdurrahman al-Ba’lawy, Bughyat al-Mustarsyidin (Libanon: Dar al-Fikr), 251-252
– Muhammad Nawawy al-Bantany, Syarh Sulam Taufiq (Surabaya: al-Hidayah), 61

تحفة المحتاج في شرح المنهاج – (ج 39 / ص 388)
( وَالنَّهْيُ عَنْ الْمُنْكَرِ ) أَيْ : الْمُحَرَّمِ ، لَكِنْ مَحَلُّهُ فِي وَاجِبٍ أَوْ حَرَامٍ مُجْمَعٍ عَلَيْهِ أَوْ فِي اعْتِقَادِ الْفَاعِلِ بِالنِّسْبَةِ لِغَيْرِ الزَّوْجِ إذْ لَهُ شَافِعِيًّا مَنْعُ زَوْجَتِهِ الْحَنَفِيَّةِ مِنْ شُرْبِ النَّبِيذِ مُطْلَقًا وَالْقَاضِي ؛ إذْ الْعِبْرَةُ بِاعْتِقَادِهِ كَمَا يَأْتِي ، وَمُقَلَّدُ مَنْ لَا يَجُوزُ تَقْلِيدُهُ لِكَوْنِهِ مِمَّا يُنْقَضُ فِيهِ قَضَاءُ الْقَاضِي .وَيَجِبُ الْإِنْكَارُ عَلَى مُعْتَقِدِ التَّحْرِيمِ وَإِنْ اعْتَقَدَ الْمُنْكِرُ إبَاحَتَهُ ؛ لِأَنَّهُ يَعْتَقِدُ أَنَّهُ حَرَامٌ بِالنِّسْبَةِ لِفَاعِلِهِ بِاعْتِبَارِ عَقِيدَتِهِ فَلَا إشْكَالَ فِي ذَلِكَ ، خِلَافًا لِمَنْ زَعَمَهُ ، وَلَيْسَ لِعَامِّيٍّ يَجْهَلُ حُكْمَ مَا رَآهُ أَنْ يُنْكِرَهُ حَتَّى يُخْبِرَهُ عَالِمٌ بِأَنَّهُ مُجْمَعٌ عَلَيْهِ أَوْ فِي اعْتِقَادِ الْفَاعِلِ ، وَلَا لِعَالِمٍ أَنْ يُنْكِرَ مُخْتَلَفًا فِيهِ حَتَّى يَعْلَمَ مِنْ الْفَاعِلِ أَنَّهُ حَالَ ارْتِكَابِهِ مُعْتَقِدٌ لِتَحْرِيمِهِ كَمَا هُوَ ظَاهِرٌ ؛ لِاحْتِمَالِ أَنَّهُ حِينَئِذٍ قَلَّدَ مَنْ يَرَى حِلَّهُ أَوْ جَهِلَ حُرْمَتَهُ ، أَمَّا مَنْ ارْتَكَبَ مَا يَرَى إبَاحَتَهُ بِتَقْلِيدٍ صَحِيحٍ فَلَا يَجُوزُ الْإِنْكَارُ عَلَيْهِ ، لَكِنْ لَوْ نُدِبَ لِلْخُرُوجِ مِنْ الْخِلَافِ بِرِفْقٍ فَلَا بَأْسَ ، وَإِنَّمَا حَدَّ الشَّافِعِيُّ حَنَفِيًّا شَرِبَ نَبِيذًا يَرَى إبَاحَتَهُ لِضَعْفِ أَدِلَّتِهِ ؛ وَلِأَنَّ الْعِبْرَةَ بَعْدَ الرَّفْعِ لِلْقَاضِي بِاعْتِقَادِهِ فَقَطْ

Jawaban masalah yang lain bisa Anda baca dalam Hasil Bahsul Masail LBM PCNU Lampung Tengah.