Dakwah Dimedia Sosial Bagi Baby Boomer

0
108
Zulfa Sajida Khoir

Dakwah Dimedia Sosial Bagi Baby Boomer

Oleh :

Zulfa Sajida Khoir

 

Berdakwah di media sosial di era modern saat ini lebih mudah dinikmati oleh masyarakat, karena saat ini perkembangan zaman dan teknologi semakin canggih, sehingga membuat masyarakat lebih mudah mendengarkan dakwah melalui handphone yang mudah dibawa kemana-mana. Dengan begitu, masyarakat dapat mendengarkan dakwah dimanapun dan kapanpun.

Media sosial menjadi salah satu media yang sangat efektif untuk berdakwah di era modern ini. Masyarakat dapat mendengarkan dakwah melalui media sosial yang terdapat pada handphone mereka. Sudah banyak sekali media sosial yang di gunakan untuk menyebarkan dakwah, seperti; Instagram, Facebook, tiktok, YouTube, dan lain-lain.

Media sosial juga dapat memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pengetahuan keislaman dengan mudah. Mereka juga dapat mengajukan pertanyaan melalui kolom komentar. Siapapun juga dapat membuat konten yang mengandung unsur-unsur dakwah meskipun seseorang tersebut bukan da’i.

Mereka dapat menyebarkan kebaikan dan dakwah melalui media sosial dengan membuat video/konten bermanfaat yang dapat dilihat oleh masyarakat lain, Sehingga yang dapat berdakwah melalui media sosial bukan hanya seorang da’i melainkan siapapun dapat menyebarkan kebaikan dan ajakan dakwah melalui media sosial. Masyarakat juga dapat mengulang video dakwah tersebut saat mereka butuh dan akan lebih mudah mengingat pesan dakwah yang terkandung.

Akan tetapi, sulit bagi orang yang sudah lanjut usia karena akan susah untuk mendengarkan dakwah di media sosial di karenakan kurangnya pengetahuan atau gagap teknologi tentang penggunaan handphone. Dengan begitu, orang yang sudah lanjut usia akan memilih untuk mendengarkan dakwah melalui media elektronik seperti televisi atau radio yang lebih mudah di gunakan oleh orang tua. Dengan menggunakan media elektronik, orang tua akan lebih mudah mendengarkan dakwah karena mereka sudah paham bagaimana cara menggunakan media tersebut, karena media tersebut juga sudah ada sejak lama.

 

Zulfa Sajida Khoir, NPM : 2104011015, Mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), Fakultas Ushuludin, Adab dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri Metro, Semester V.