Cara Mencukur Bayi Perempuan

0
312
cara-mencukur-rambut-bayi-perempuan

Pertanyaan

Penanya: Ahmad

Alamat: Blitar

Assalamualaikum.
Saya mau bertanya, bagaimana tatacara yang disunnahkan dalam memotong rambut bayi perempuan? Apakah benar disunnahkan digundul habis juga?
Terimakasih sebelumnya.
Wassalamualaikum

Jawaban

Waalaikumussalam.

Penanya yang kami hormati,

Dalam hadits riwayat Abu Dawud nomor 1522, Nabi saw bersabda:

الْغُلاَمُ مُرْتَهَنٌ بِعَقِيْقَتِهِ تُذْبَحُ عَنْهُ يَوْمَ اْلسَّابِعِ وَيُحْلَقُ رَأْسَهُ وَيُسَمَّى

“Seorang anak tergadaikan dengan (tebusan) aqiqah yang disembelih untuknya di hari yang ke tujuh, dicukur rambut kepalanya dan diberi nama.”

Berdasarkan keterangan Syaikh Abu Bakar bin Sayyid Muhammad Syatha ad-Dimyati dalam I’anah ath-Thalibin, Juz 2, Hal. 338, bahwa mencukur seluruh rambut kepala bayi baik laki-laki ataupun perempuan adalah sunnah.

Berikut kutipan dari kitab tersebut:

قوله: (وسن أن يحلق رأسه) أي رأس المولود كله وذلك للخبر المار أول مبحث العقيقة قال في فتح الجواد وسن  أن يكون بعد الذبح وتقدم عن ع ش أنه قال ينبغي أن تكون التسمية قبل العق وعليه فالسنة التسمية ثم الذبح ثم الحلق

قوله: (ولو أنثى) غاية في سنية حلق رأس المولود أي يسن ذلك وإن كان أنثى

Artinya: “Redaksi (disunnah untuk mencukur rambut kepalanya) maksudnya keseluruhan rambut kepala bayi. Hal itu berdasarkan hadis yang telah lalu dalam awal pembahasan aqiqah. Cukur tersebut disunnahkan setelah menyembelih aqiqah. Dari ‘Ali Asy-Syibramalisi, mengatakan bahwa pemberian nama adalah sebelum aqiqah. Berdasarkan pendapat ini, maka sunnahnya adalah pemberian nama, lalu menyembelih aqiqah, lalu mencukur.

Redaksi (walaupun wanita) penegasan kesunahan mencukur rambut bayi walaupun bayi perempuan”

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga memberikan kepahaman. Wallahu A’lam.