Mari Ber-Etika Dalam Bersosial Media

0
117
Muhammad. Nur Cholis, S.Pd.I

BANDAR SURABAYA – Derasnya arus informasi teknologi diera industri digital 4.0 ini, membawa dampak kepada semua lapisan masyarakat, bahkan hampir semua strata sosial mengalaminya. Mari kita menjaga jari – jari tangan masing – masing bermedia sosial.

Dibawah ini adalah beberapa tips etika bermedia sosial dari pemuda asal Kecamatan Bandar Surabaya sekaligus Wakil Ketua PC GP Ansor Lampung Tengah, Muhammad Nur Cholis, S.Pd.I sebagaimana dikutip dalam akun facebook-nya, Selasa, 28 Juli 2020 lalu.

“Sahabat-sahabat facebook, media sosial adalah sarana yang saat ini memiliki multi fungsi, mulai dari sekedar berbagi kabar, silaturrahmi, berbagi foto, hobi, berjualan, dan lain-lain, penggunanya pun juga beragam baik segi profesi, gender, maupun usia.

Semua itu sah-sah saja karena merupakan hak privasi, namun akan sedikit lebih bijak jika penggunanya tetap mengedepankan etika, baik berbagi gambar maupun kata-kata, video, juga dagangan.

Sangat prihatin melihat video dan gambar yang tidak pantas di share di media sosial, dagangan obat kuat yang notabene khusus pria dewasa di jual secara bebas dengan deskripsi yang vulgar. Mungkin perlu di ingat bahwa pengguna media sosial banyak yang masih usia pelajar.

Ini sekedar ungkapan yang mudah-mudahan menjadi pertimbangan bersama, dan mari lebih bijaksana dalam menggunakan media sosial. Mari, meski sedikit kita ikut serta berperan sebagai penebar kebaikan”. (Tim LTN NU Lampung Tengah)