Profil Pesantren Sunan Ampel Totokaton Punggur Lampung Tengah

0
1584

PUNGGUR – Bermula dari wasiat Al-Maghfurlah KH. Maulana Imam Syuhada (Pendiri Pondok Pesantren Wali Songo Bumiratu Nuban, Lampung Tengah) kepada putrinya Ning Afifatul Fadhilah dan menantunya Gus Alie Fadhilah Musthofa untuk merintis dan membangun wadah perjuangan sendiri dalam rangka syiar agama berupa Pondok Pesantren.

Maka dari cikal bakal inilah, pada tanggal 26 Maret 2014 berdiri Pondok Pesantren Sunan Ampel yang terletak di Jl. Raden Rahmat, RT/RW 021/009, Dusun Mulyokaton, Kampung Totokaton, Kecamatan Punggur, Kabupaten Lampung Tengah, Kode Pos. 34152.

Sama seperti Pondok Pesantren yang berkultur nahdliyyin lainnya, Pondok Pesantren Sunan Ampel berorientasi pada tafaqquh fiddin (pendalaman agama) para santri dengan kajian-kajian ilmu Al-Qur’an, Hadits, Tauhid, Fiqih, Nahwu, Shorof, dan lain sebagainya disertai dengan pembinaan karakter atau akhlakul karimah yang kesemuanya bersumber dari literatur kitab kuning klasik karangan ulama salaf. Disamping itu, untuk menambah skill para santri, diadakan kegiatan ekstra berupa hadroh, pencak silat, olahraga, seni tari, pidato, dan lain-lain.

Menindak lanjuti regulasi pemerintahan, saat ini Pondok Pesantren Sunan Ampel berada dalam naungan Yayasan Sunan Ampel Punggur dengan Akta Notaris Hi. Sri Mulyono Herlambang, S.H, M.H Nomor 61/30/XI/2016 dan mendapatkan SK KEMENKUMHAM RI Nomor AHU-0045675.AH.01.04 Tahun 2016. Adapun legalitas Pondok Pesantren Sunan Ampel telah terdaftar di Kementerian Agama RI dengan Nomor Statistik PPS : 5100180200135, dan Madrasah Diniyah Takmiliyah Sunan Ampel dengan NSDT : 311218020171.

Semenjak berdirinya, alhamdulillah Pondok Pesantren Sunan Ampel mendapat respon positif dari masyarakat sekitar Kampung Totokaton maupun lingkup Kecamatan Punggur. Hal ini dapat dilihat dari antusiasme masyarakat dalam mengikuti kegiatan rutin di Pondok Pesantren Sunan Ampel yang terbuka untuk masyarakat umum, yaitu:

  1. Majelis Dzikir Manaqib Syaikh Abdul Qodir Al-Jailani yang dilaksanakan rutin setiap malam Sabtu Legi.
  2. Majelis Maulid Simthud Duror yang dilaksanakan rutin setiap malam Senin Wage.
  3. Pengajian rutin ibu-ibu setiap hari Sabtu siang.

Dari segi sarana dan prasarana, semula Pondok Pesantren Sunan Ampel hanya menempati areal tanah seluas 2.850m2. Bersyukur sudah dilakukan beberapa kali perluasan tanah sehingga saat ini mencapai luas tanah 6.368m2. Diatas tanah tersebut telah berdiri berbagai fasilitas untuk menunjang kegiatan yang ada, yaitu: masjid, madrasah, sekolah, asrama putra-putri, koperasi, aula, kantor, mck, gudang, lapangan futsal, volly dan bulutangkis.

Rutinan Manaqib Malam Sabtu Legi

Menghadapi Tahun Ajaran Baru 2018/2019  tahun lalu, dilingkungan Pondok Pesantren Sunan Ampel melalui Yayasan Sunan Ampel Punggur  membuat terobosan baru menyelenggarakan pendidikan formal di bawah naungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Tengah yaitu SMP IT Sunan Ampel Punggur. Sekolah yang mengusung misi “Sekolah Berbasis Karakter”, ini memiliki program gratis biaya pendidikan hingga 3 tahun atau hingga kelulusan bagi murid angkatan pertama pada Tahun Ajaran 2018/2019.

Informasi lebih lanjut mengenai Pondok Pesantren Sunan Ampel dapat dilihat di facebook dengan akun Ponpes Sunan Ampel Punggur, instagram: @ponpes.sunan.ampel.punggur atau contak person : Fredi Irawan, S.Pd, HP/WA  082176084506. (Tim PC LTN NU Lampung Tengah)

Sumber :

Wawancara pengasuh pesantren Sunan Ampel Kiai Alie Fadhilah Mushtofa, Senin, 21 Januari 2019.