Inilah Tiga Program Prioritas LPPNU Lampung Tengah Masa Khidmat 2022-2027

0
593
Rapat Kerja LPPNU Kabupaten Lampung Tengah 2022 - 2027.

LAMPUNG TENGAH – Bertempat di Sekretariat Lembaga Pengembangan Pertanian Nahdlatul Ulama (LPPNU) Kabupaten Lampung Tengah di Jl. Raya Wates – Bangunrejo, Kampung Tanjung Jaya, Kecamatan Bangunrejo, Kabupaten Lampung Tengah, menggelar rapat kerja perdana LPPNU Kabupaten Lampung Tengah dihadiri oleh seluruh badan pengurus harian, mengadakan rapat kerja anggota guna membahas program program kerja mulai dari jangka pendek, jangka menengah, hingga program kerja jangka panjang, Sabtu (10/9/2022) siang.

“Lembaga Pengembangan Pertanian Nahdlatul Ulama (LPPNU) Kabupaten Lampung Tengah resmi dilantik  pada tanggal 21 Agustus 2022 lalu, bertempat di komplek Pondok Pesantren Darussalamah Bandar Agung, Terusan Nunyai, Kabupaten Lampung Tengah.  Pada kesempatan itu LPPNU Kabupaten Lampung Tengah dilantik bersamaan dengan beberapa Lembaga NU lainnya dalam momentum pelantikan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Lampung Tengah, masa khidmat 2022-2027,” hal tersebut disampaikan Wakil Sekretaris PC LPPNU Kabupaten Lampung Tengah, Muhammad Muflih, Sabtu (10/9/2022) siang.

“Lembaga Pengembangan Pertanian Nahdlatul Ulama (LPPNU) Kabupaten Lampung Tengah masa khidmat 2022 – 2027 dinahkodai oleh H. Ujang Mahmud, S.Pd.I, salah satu kader Nahdlatul Ulama yang sudah malang melintang di bidang pengembangan pertanian dan perkebunan di kancah Nasional,” imbuhnya.

“Kepengurusan LPPNU Kabupaten Lampung Tengah secara struktural diisi oleh 5 Orang Dewan pakar, dan 10 orang Badan Pengurus Harian yang siap mensukseskan program program kerja LPPNU selama masa kepengurusan. Sebagai tindak lanjut pasca dilantiknya LPPNU Kabupaten Lampung Tengah,” tambahnya.

Ketua LPPNU Kabupaten Lampung Tengah,  H. Ujang Mahmud, S.Pd.I, dalam sambutannya menyatakan, bahwa, LPPNU Kabupaten Lampung Tengah harus solid, menyusun dan melaksanakan program kerja yang terukur, dan tepat sasaran, juga membawa manfaat bagi masyarakat banyak, khususnya bagi para warga Nahdlatul Ulama yang mayoritas berlatarbelakang sebagai petani.

“Adapun program kerja LPPNU Kabupaten Lampung Tengah secara umum terbagi kedalam 3 bagian skala prioritas, Pertama, LPPNU Kabupaten Lampung Tengah memprogramkan pembentukan Muharrik LPPNU di tingkat Kecamatan se Kabupaten Lampung Tengah. Muharrik LPPNU, merupakan unit kerja yang langsung dibawah komando LPPNU kabupaten, adapun wilayah kerja nya mencakup satu kecamatan dimana kepengurusan Muharrik tersebut berada. Selain pembentukan Muharrik LPPNU di 29 Kecamatan se Kabupaten Lampung Tengah, Silaturahmi antara LPPNU Kabupaten Lampung Tengah dengan MWC NU guna mensosialisasikan program LPPNU, mensosialisasikan kepengurusan Muharrik, juga di agendakan dalam program kerja tersebut.

Kedua, yakni pengembangan sumber daya manusia di internal warga nahdliyyin. Diantara dengan mengadakan pelatihan pelatihan pertanian, Pembentukan Kelompok Wanita Tani, Kelompok Taruna Tani, dan program serupa guna meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia di bidang pertanian dalam rumah besar Nahdlatul Ulama. Program selanjutnya yakni, ketiga, program internal kepengurusan LPPNU Kabupaten Lampung Tengah, dimana akan di adakan evaluasi rutin dari program kerja yang sudah dilakukan selama 3 bulan sekali,” tambahnya.

“Rapat kerja perdana ini menjadi landasan gerak bagi segenap pengurus LPPNU Kabupaten Lampung Tengah dalam rangka melakukan pengembangan pertanian di kabupaten Lampung tengah, dengan niatan mengembangkan sumberdaya yang ada, dan membangun Kesejahteraan Bersama melalui pemberdayaan, Semoga langkah gerak Segenap Pengurus LPPNU Kabupaten Lampung tengah mendapat Ridha dari Allah SWT dan dimudahkan dalam pelaksanaan nya,” tutupnya.

Rapat Kerja LPPNU Kabupaten Lampung Tengah 2022 – 2027.

Wakil Ketua LPPNU Kabupaten Lampung Tengah, Sunanta, S.P, menyatakan, bahwa, suatu organisasi, bukan hanya soal membuat program kerja yang utopis. Tapi harus mampu menyusun program kerja yang terukur dan terlaksana dengan baik dan benar. Program kerja LPPNU Kabupaten Lampung Tengah yang ada ini, jika dijalankan dengan baik dan benar, maka insyaallah akan sangat terasa manfaatnya bagi keluarga besar Nahdlatul Ulama, dimana sektor pertanian kita akan berkembang sesuai dengan yang kita harapkan.

Wakil Ketua LPPNU Kabupaten Lampung Tengah, H. Eman Sulaeman, S.E, ditempat yang sama juga menambahkan, pembentukan Muharrik,  bisa segera terlaksana mulai dari Kecamatan terdekat dan paling mudah di jangkau dari titik sekretariat. Mulai dari Bekri, Bangunrejo, Kalirejo, dan Sendang Agung. Yang akan dibentuk dalam waktu dekat ini guna efektivitas dan efisiensi gerakan, baru berlanjut ke seluruh Kecamatan di Kabupaten Lampung Tengah.

(Muhammad Muflih)