Pelatihan Jamur Tiram, Fatayat NU Lampung Tengah Harus Mandiri Secara Ekonomi

0
210

LAMPUNG TENGAH – Kami atas nama Pimpinan Wilayah Fatayat Nahdlatul Ulama (PW Fatayat NU) Propinsi Lampung, mengucapkan alhamdulillah dan selamat atas terselenggaranya kegiatan Pembekalan Kewirausahaan Tenaga Kerja Mandiri dengan Pelatihan Budi Daya Jamur Tiram oleh Pimpinan Cabang Fatayat NU (PC Fatayat NU) Kabupaten Lampung Tengah yang bekerjasama dengan Kemenaker RI.

Hal ini disampaikan Ketua PW Fatayat NU Lampung,Wirdayati, M.Pd, disela-sela agenda pembukaan Pembekalan Kewirausahaan Mandiri Dengan Pelatihan Budi Daya Jamur Tiram, di Hotel BBC Bandar Jaya, Terbanggi Besar, Lampung Tengah, Sabtu (19/12/2020) siang.

“Harapannya kedepan kader pemudi NU / Fatayat NU menjadi garda terdepan membentuk usaha kecil menengah, menciptakan lapangan kerja baru dalam hal ini pengembangan jamur tiram sehingga PC Fatayat NU Lampung Tengah mampu menjadi organisasi yang mandiri secara ekonomi,” tambah alumnus Pascasarjana UIN Raden Intan Bandar Lampung ini.

“Jamur tiram sangat disukai oleh konsumen karena rasanya enak, seperti daging tanpa darah. Selain enak, jarum tiram juga baik untuk kesehatan tubuh. Karena jamur tiram kaya akan protein, vitamin, dan mineral serta rendah kolestrol dan karbohidrat. dengan demikian jamur tiram punya pangsang pasar yang sangat luas sehingga kader Fatayat NU dan umumnya keluarga besar NU, Masyarakat Lampung bisa menjadi konsumen tetap,” tutup komisioner KPID Propinsi Lampung ini.

Ketua PC Fatayat NU Kabupaten Lampung Tengah, Hj. Mar’atus Sholekhah, S.Ag, M.M, menambahkan, bahwa kader Fatayat NU Lampung Tengah di 28 Kecamatan ini harus mempunyai jiwa wirausaha yang tinggi, dengan pelatihan ini diharapkan Fatayat NU Lampung Tengah dapat membuka lapangan kerja sendiri dengan berbagai  kreatifitas usaha yg antara lain dengan budi daya jamur tiram.

“Bagi Pimpinan Anak Cabang yang konsen mengembangkan usahanya ataupun budi dayanya akan terus kami dampingi sampai pada pengolahan hasil jamur utk menjadi produk yang berkualitas dan layak diberi identitas Fatayat NU Lampung Tengah dan dipasarkan dikhalayak umum, hingga ekspor jika memungkinkan,” tutup alumni IAIN Metro ini.

Agenda tersebut juga dihadiri; anggota DPR RI Fraksi PKB, Ela Siti Nuryamah, Wakil Ketua PC Muslimat NU Lampung Tengah, Hj. Siti Khotijah, S.H, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lampung Tengah, Hj Elya Lusiana Loekman Djoyosoemarto, Kepala BPSDM Lampung Tengah, Candra Puji Astuti, Ketua PW Fatayat NU Lampung,Wirdayati, praktisi jamur tiram, Kiai Nurhadi dan Aris, pengurus PC Fatayat NU Lampung Tengah, Rumah Perempuan dan Anak (RPA) Lampung Tengah dan lain-lain.  (tim ltn nu lamteng)