PD PKPNU Angkatan ke-XI di MWCNU Bumi Ratu Nuban

0
322
PCNU Lampung Tengah Gelar PD PKPNU Angkatan ke-XI

LAMPUNG TENGAH – Jajaran keluarga besar PCNU Lampung Tengah kembali menggelar proses kaderisasi, yakni gelaran PD PKPNU PCNU Lampung Tengah angkatan 11, bertempat komplek di Pondok Pesantren Walisongo, yang beralamatkan di Kampung Sukajadi, Kecamatan Bumi Ratu Nuban, Kabupaten Lampung Tengah, Propinsi Lampung. Peserta PD PKPNU PCNU Lampung Tengah angkatan 11 kali ini mendaftar untuk mengikuti pendidikan kaderisasi kali ini kurang lebih sekitar 198 orang.

Hal tersebut disampaikan Ketua PCNU Lampung Tengah, KH. Ngasifudin, M.Pd.I, disela-sela sambutan pembukaan PD PKPNU PCNU Lampung Tengah angkatan 11 di Pondok Pesantren Walisongo, Kampung Sukajadi, Kecamatan Bumi Ratu Nuban, Kabupaten Lampung Tengah, Propinsi Lampung, Jumat (22/12/2023).

PCNU Lampung Tengah Gelar PD PKPNU Angkatan ke-XI

Dalam sambutannya Ketua PCNU Lampung Tengah, KH. Ngasifudin, M.Pd.I mengatakan, bahwa sebuah kewajiban jamiyyah perkumpulan NU, untuk setiap MWCNU wajib untuk mengadakan proses pelaksanaan kaderisasi di setiap tahunnya.

“Para Kiai, Ibu Nyai, para Gus, para Ning, Ibu, Bapak, Saudaranya semuanya akan didik selama tiga hari kedepan di komplek Pesantren ini, dengan tujuan mencetak para kader-kader jamiyyah perkumpulan Nahdlatul Ulama yang berkarakter kuat ala Ahlussunnah wal Jamaah an Nahdliyah, dan kepemimpinan (leadership) yang tinggi, sehingga akan memunculkan para kader yang solid, loyal, berakhlaqul karimah, dan militan serta dapat di andalkan wilayah Anak Ranting NU, Ranting NU, dan MWC NU masing-masing,” tambahnya.

“Jam’iyyah perkumpulan NU di Kabupaten Lampung Tengah dan PCNU se Provinsi Lampung  ini adalah masuk kategori kelompok/kluster A, sejajar dengan jam’iyyah perkumpulan NU yang ada di pulau Jawa. Artinya kita mempunyai tanggung jawab besar untuk merawat, berkhidmat, berjuang memajukan jam’iyyah perkumpulan NU lewat berbagai bidang, seperti; pemberdayaan ekonomi, kesehatan, kaderisasi, pertanian, dunia digital, pendidikan, dan lain-lain,” tutupnya.

PCNU Lampung Tengah Gelar PD PKPNU Angkatan ke-XI

Wakil Rais Syuriah PCNU Lampung Tengah, KH. Imam Suhadi, S.Pd.I. menyampaikan dalam sambutannya kaderisasi PD PKPNU ini sangat penting untuk mempersiapkan para penerus perjuangan ulama NU dalam melanjutkan tongkat estafet di jamiyah perkumpulan NU dimasa yang akan datang.

“Kita semua yang hadir di aula Pesantren ini harus yakin dengan pesan Hadratus Syaikh Hasyim Asy’ari, barang siapa yang mau mengurusi NU, saya akui sebagai santriku, dan saya doakan meninggalnya husnul khatimah, dan keluarganya semua husnul khatimah, maka kita fokus pikiran, energi kita tiga hari ini untuk PD PKPNU Lampung Tengah,” ujar pengasuh Pondok Pesantren Nurul Qodiri, Kali Palis, Way Pengubuan, Lampung Tengah ini.

Ketua MWCNU Bumi Ratu Nuban, Kiai Saroni Afandi, M.Pd.I, menyampaikan bahwa peserta PD PKPNU PCNU Lampung Tengah angkatan 11 kali ini juga di ikuti oleh peserta dari luar kabupaten Lampung Tengah, seperti ; dari Kota Metro, Tulang Bawang, dan Pesawaran. Banyak PD PKPNU PCNU Lampung Tengah angkatan 11 adalah ibu-ibu muda yang masih menyusui,  jadi para suaminya mengantarkan anaknya untuk disusui kepada ibunya lalu kembali lagi.

PCNU Lampung Tengah Gelar PD PKPNU Angkatan ke-XI

Penyematan tanda peserta PD PKPNU PCNU Lampung Tengah angkatan 11 secara simbolis oleh Wakil Katib Syuriah PWNU Lampung sekaligus pengasuh Pondok Pesantren Walisongo, Kampung Sukajadi, Kecamatan Bumi Ratu Nuban, Kabupaten Lampung Tengah, Propinsi Lampung KH. Syaikhul Ulum Syuhada, M.Pd.

Agenda istimewa ini dihadiri tokoh-tokoh NU, antaralain; Wakil Rais Syuriah PCNU Lampung Tengah, KH. Imam Suhadi,S.Pd.I, Ketua PCNU Lampung Tengah, KH Ngasifudin, M.Pd.I, instruktur PD PKPNU, jajaran pengurus PCNU Lampung Tengah, Ketua MWC NU Bumi Ratu Nuban, Kiai Saroni Afandi, M.Pd.I, jajaran pengurus MWC NU Bumi Ratu Nuban, utusan Badan Otonom, utusan Lembaga NU, Camat Bumi Ratu Nuban, Kapolsek, serta para sesepuh, ulama setempat, dan lain-lain.

 

(Muhammad Nasucha Abi Syakur)