Ketua STISDA Lampung Tengah Isi Pembekalan Calon Haji 1443 H / 2022 M

0
93
Ketua STISDA Kabupaten Lampung Tengah, Dr. KH. Andi Ali Akbar, M.Ag

LAMPUNG TENGAH – Bertempat di aula Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Kotagajah, Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Syari’ah Darusy Syafa’ah (STISDA) Kabupaten Lampung Tengah, Dr. KH. Andi Ali Akbar, M.Ag menjadi narasumber bimbingan manasik kepada puluhan para calon jamaah haji yang berasal dari 3 (tiga) Kecamatan, yakni Kotagajah, Seputih Raman, dan Seputih Mataram tahun 1443 H / 2022 H.

Hal tersebut disampaikan Kepala KUA Kotagajah, H. Tukijo, M.Sy, disela-sela agenda tersebut, di aula Kantor KUA Kecamatan Kotagajah, yang beralamatkan di Dusun Margorahayu 1, Kampung Kotagajah, Kecamatan Kotagajah, Kabupaten Lampung Tengah, Provinsi Lampung, Sabtu (28/5/2022) siang.

“Tema besar yang di usung dalam bimbingan manasik kepada para calon jamaah haji yang berasal dari 3 (tiga) Kecamatan, yakni Kotagajah, Seputih Raman, dan Seputih Mataram tahun 2022 ini adalah Dengan Bimbingan Manasik Haji Kita Tingkatkan Pengetahuan dan Kemandirian Jamaah Dalam Melaksanakan Ibadah di Tanah Suci Untuk Menggapai Haji Yang Mabrur,” tambahnya.

Calon jamaah haji dari 3 (tiga) Kecamatan, yakni Kotagajah, Seputih Raman, dan Seputih Mataram tahun 2022

“Bimbingan manasik kepada puluhan para calon jamaah haji yang berasal dari 3 (tiga) Kecamatan, yakni Kotagajah, Seputih Raman, dan Seputih Mataram tahun 1443 H / 2022 H digelar selama empat hari, Kamis – Minggu, 26 – 29 Mei 2022,” tutup pria asal Kota Metro ini.

Ketua STISDA Kabupaten Lampung Tengah, Dr. KH. Andi Ali Akbar, M.Ag, dalam bimbingan manasik tersebut menjelaskan tentang prosedur perjalanan Umroh.

“Dalam proses perjalanan Umroh ada empat hal yang harus kita ketahui dan dilaksanakan, yaitu; niat, towaf, sa’i dan cukur. Wajib dilakukan di miqat (tanah halal), seperti ; bir ali, yalam lam, tan’im, ji’ronah, dan lain-lain,” tambah alumni Pesantren Darussalam Blokagung, Karangdoro, Tegalsari, Bayuwangi, Jawa Timur ini.

Selain Dr. KH. Andi Ali Akbar, M.Ag para pemateri / narasumber lainnya dalam bimbingan manasik kepada para calon jamaah haji antaralain; Hj. Emayani, M.Pd.I, H. Farid Wajedi, M.Kom.I, H. Bambang Pujianto, S.Km, Drs. H. Haryanto, H. Ahmat Tajudin, M.Pd.I, dan H. Tukijo, M.Sy.

Calon jamaah haji dari 3 (tiga) Kecamatan, yakni Kotagajah, Seputih Raman, dan Seputih Mataram tahun 2022

Selain dijelaskan tentang prosedur perjalanan Umroh materi lainnya dalam bimbingan manasik kepada para calon jamaah haji dijelaskan pula materi lainnnya, antaralain; akhlaq jamaah haji dan budaya (culture) Arab Saudi, hak dan kewajiban jamaah haji, pencegahan dan pengendalian penyakit, ibadah dan kegiatan selama penerbangan, bimbingan manasik haji, dan praktik manasik haji.

(Humas ).